Apa Itu Proposal Tesis??

Proposal tesis merupakan usulan penelitian bagi mahasiswa pasca sarjana (S2). Proposal tesis biasanya terdiri dari latar belakang masalah,rumusan masalah, tujuan penelitian,manfaat penelitian, batasan penelitian, keaslian penelitian,kerangka teori, kerangka konsep, metode penelitian, metode pengumpulan data, metode analisis data dan sistematika penulisan.

Meskipun demikian, sistematika penulisan proposal tiap universitas tidaklah sama. Hal ini memang sengaja dilakukan universitas agar  mempunyai ciri-ciri tersendiri dan mencegah mahasiswa untuk tidak melakukan copy paste/plagiat  dari tesis universitas lain.

Bentuk proposal tesis ada dua bagian, yaitu :

1. Proposal tesis mini

Proposal tesis mini adalah proposal yang disusun dari tiga bab tesis menjadi satu bab. Proposal jenis ini memiliki kelemahan, yaitu waktu penulisan tesis semakin lama, karena setelah proposal disetujui, maka mahasiswa masih perlu mengerjakan bab-bab tesis secara terpisah

2. Proposal tesis penuh

Proposal tesis penuh adalah proposal yang sudah disusun dalam bentuk bab, yang terdiri dari bab 1, bab 2, bab 3 dan daftar pustaka. Tapi juga ada universitas yang proposal tesisnya terdiri dari bab 1, bab 2, bab 3, dan bab 4 dan daftar pustaka. Tapi intinya kedua jenis proposal ini sama saja. Keuntungan penulisan proposal tesis penuh adalah waktu penulisan tesis  semakin singkat, karena bab dalam proposal tesis tersebut sudah menjadi bab tesis itu sendiri.

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: